Selamat Datang di Situs Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Sukabumi Jawa barat. IPI sebagai wadah perjuangan dalam meningkatkan kemampuan profesi dan kesejahteraan penilik.

31 Desember 2010

KWK salah satu program meminimalisir pengangguran

Teknologi komputer di dunia semakin berkembang pesat. Daya saing bangsa, kini ditentukan oleh kekayaan ilmu pengetahuan dan teknologinya, tak lagi hanya kekayaan alam semata. Daya saing bangsa ditentukan oleh kekayaan ilmu pengetahuan dan teknologinya, agar memiliki kekayaan ilmu , tentu sumber daya manusialah yang menjadi andalan. Pembangunan masyarakat berbasis pengetahuan dan keterampilan tidak hanya didapatkan dari pendidikan formal saja pendidikan informal juga memegang peranan penting menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan mandiri. Selain SDM nya yang menjadi asset , dukungan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau information and communication technology (ICT) yang handal agar mempercepat penyerapan ilmu.
















Kemampuan dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi menjadi suatu keharusan. Perubahan di era teknologi informasi dan komunikasi merupakan perubahan yang paling cepat bahkan terjadi percepatan pengembangan dan sangat sulit diprediksi sebab skala waktunya relatif cepat, tepat, singkat dan mudah berubah. Seiring dengan perubahan di era teknologi menuntut semua bidang berbenah menuju komputerisasi dalam berbagai bidang baik industri, pendidikan, jasa, perkantoran bahkan pelayanaan kemasyarakatan sampai ditingkat desa. Dalam hal ini Lembaga pendidikan yang kami dirikan dapat menjadi tempat pembelajaran dan pusat sumber atau resources center guna mempercepat information and communication technology sehinggga nantinya terwujud masyarakat yang melek digital.
Lembaga pendidikan adalah tempat pembangunan masyarakat berbasis pengetahuan dimulai. Disana terkumpul komunitas yang telah matang dari segi intelektual sehingga mampu menyerap ilmu secara cepat. Dengan penuh keyakinan kami bersiteguh memperbaiki , membenahi , mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan kursus komputer agar menjadi sebuah lembaga pendidikan yang lebih berkualitas. Dan kemudian melahirkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan baik di dunia kerja maupun sebagai calon entrepreneur maupun untuk kepentingan pengembangan diri.
Untuk menyesuaian diri dengan perubahan tersebut dibutuhkan SDM yang mampu menguasai teknologi komputer, karena dalam berbagai bidang telah berbasis komputerisasi. Dalam hal ini kebutuhan akan tenaga yang mampu mengoperasikan komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kegiatan. Untuk itu kami mengadakan kerjasama dengan beberapa instansi untuk menyediakan tenaga yang mampu mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya yang berbasis komputerisasi sebagai tenaga administrasi di beberapa instansi yang membutuhkan.

Untuk mencukupi hal itu salah satu lembaga Kursus di Sukabumi yaitu LKP NESSCERA pada tahun 2010 menyelenggarakan Program Kursus Wirausaha Orientasi Perkotaan (KWK) yaitu program Pendidikan Kecakapan Hidup yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat di bidang usaha yang berspektrum perkotaan guna memperoleh pengetahuan, keterampilan, menumbuhkembangkan sikap mental berwirausaha, dalam mengelola diri dan lingkungannya yang dapat dijadikan bekal untuk bekerja dan berusaha, dengan tujuan memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental berwirausaha bagi peserta didik agar mampu mengelola usaha mandiri dan bekerja di perkotaan, sehingga mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi masalah sosial di perkotaan.
Semoga dengan program KWK ini dapat membantu Pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia, atau setidak-tidaknya dapat membantu sebagian warga masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan keterampilan yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk bekerja atau menciptakan lapangan kerja sendiri sebagai wirausahawan. Dengan demikian diharapkan dapat mengurangi pengangguran dan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lembaga Kursus adalah satuan pendidikan nonformal yang memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap untuk mengembangkan diri , mengembangkan profesi, bekerja usaha mandiri dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
LKP Nesscera merupakan salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan, bidang program yang diselenggarakannya adalah bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau information and communication technology (ICT) yang handal.
Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan. Namun untuk dapat mengaplikasikannya dibutuhkan brainware atau operator untuk mengoperasikannya.
Dalam hal ini LKP Nesscera dengan program KWK nya memberikan program keahlian dasar komputer untuk brainware yang dibutuhkan di dunia industri dan dunia usaha. Keahlian yang diberikan kepada warga belajar adalah aplikasi perkantoran dan Program Hardware /Teknisi komputer.
1. Aplikasi Perkantoran
Operator Teknis atau Operator Admin termasuk sebagai program keahlian Aplikasi perkantoran. Seorang Operator Teknis atau Operator Admin harus mampu mengoperasikan PC stand alone yang terhubung pada jaringan komputer lokal, mengoperasikan sistem operasi, mengidentifikasikan komponen komputer tingkat dasar dan melakukan instalasi untuk koneksi internet, harus mampu mengetik, mampu mengoperasikan pengolah kata dan lembar sebar tingkat dasar, Teknik presentasi dengan Microsoft Powerpoint menggunakan slide standar dan modifikasi slide master, mengoperasikan printer, web browser, email(setup web dan clients), menggunakan web browser untuk akses web, (internet explorer, mozilla/firefox, konqueror, atau netscape navigator), Menggunakan ftp clients untuk transfer file dalam jaringan.
2. Teknisi Komputer / Hardware
Program ini dimaksudkan untuk Memahami hardware, mampu melakukan troubleshooting komputer pribadi maupun profesional, menganalisa dan membangun jaringan komputer, dan menjadi teknisi komputer dan LAN profesional, menguasai teknik-teknik memperbaiki (troubleshooting) komputer baik hardware maupun software, memiliki skill dan pengetahuan di bidang komputer sehingga mampu menjadi teknisi komputer dan membangun jaringan komputer skala kecil maupun besar, individual maupun korporat.
Tujuan program KWK yang diselenggarakan LKP Nesscera ini adalah :
1. Memberikan pembinaan dan peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap warga belajar dibidang komputer sesuai dengan bakat dan minat, sehingga mampu mengembangkan potensi diri serta peningkatan Sumber Daya Manusia.
2. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap warga masyarakat sebagai bekal untuk dapat bekerja dan/atau usaha mandiri sesuai dengan potensi/ sumber daya serta peluang kerja yang ada di lingkungannya.
3. Memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat agar memiliki kompetensi yang diperlukan dalam dunia usaha atau dunia kerja sesuai dengan jenis kursus yang diikuti, sehingga mampu merebut peluang kerja pada perusahaan/industri dengan penghasilan yang wajar atau sepanjang memungkinkan mampu memulai menciptakan lapangan kerja sendiri.
4. Mengembangkan potensi warga belajar dalam keterampilan komputer

Program KWK ini terselenggara atas kerjasama dengan Bidang PNF Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat dan proses pembelajarannya diselenggarakan sejak Oktober sampai dengan akhir Desember 2010 diikuti oleh 20 orang peserta warga belajar, dari 20 orang ini dibagi 2 kelompok jurusan, yang pertama jurusan Hardware diikuti oleh 7 orang peserta dan sisanya 13 orang yakni jurusan Office. Selanjutnya setelah mereka mengikuti pembelajaran sampai tuntas mengikuti ujian dan dinyatakan Lulus mereka langsung masuk pada proses pemandirian yakni :
1. Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dan dinyatakan lulus akan di salurkan dan di tempatkan bekerja di perusahaan mitra yang telah melaksanakan akad kerja sama dengan lembaga, Peserta akan dibantu penempatan kerja di beberapa instansi mitra sesuai dengan akad kerjasama yang telah dibuat, diantaranya beberapa Instansi pemerintahan tingkat desa, beberapa sekolah tingkat SD, SLTP, dan SLTA yang membutuhkan tenaga operator komputer.
2. Bagi peserta yang ingin berwirausaha, maka lembaga akan memberikan pembinaan kepada peserta untuk berwirausaha mandiri. Pelaksanaan usaha mandiri dilakukan dengan memberi dana stimulan / modal kerja untuk membuka pembuatan jaringan atau perbaikan kerusakan hardware.
Ditulis oleh : Pri (Penilik PNF Kec.Cicurug Kab.Sukabumi)

0 komentar: