Selamat Datang di Situs Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Sukabumi Jawa barat. IPI sebagai wadah perjuangan dalam meningkatkan kemampuan profesi dan kesejahteraan penilik.

14 November 2008

“ Terus Belajar….. Ulah Waka Loba Gaya !!!!” Pesan Camat Cicurug kepada peserta KPP

Pembukaan KPP (Kursus Para Profesi) Keterampilan Menjahit Garmen, Di LPK HAS, Cicurug Sukabumi

“ Ulah waka Gaya… “ (jangan dulu gaya (red)) itu yang dikatakan Camat Cicurug saat membuka acara KPP di LPK HAS Cicurug, dalam sambutannya pemegang wilayah Cicurug itu menyarankan agar para peserta yang mengikuti kursus ini setelah bekerja dan menerima gaji jangan mengutamakan “Gaya”.
Bukan rahasia umum bahwa para pekerja yang seharian bekerja dengan durasi 8 bahkan 10 jam sehari hanya mementingkan pembelian HP yang up to date atau barang-barang elektronik lainnya bahkan kendaraaan bermotor walau harus “ngutang”, sehingga gaji yang ada habis dipakai dengan hal yang sebetulnya “terlalu dipaksakan”. Mengapa hal ini dibahas...?
Program KPP adalah suatu program pemerintah untuk mengatasi penganguran, dengan jalan memberikan pelatihan keterampilan kepada warga masyarakat yang memenuhi kriteria dan setelah mendapat pelatihan akan langsung disalurkan di Dunia Kerja.
Program ini akan sangat membantu warga masyarakat yang membutuhkan karena akan membantu meningkatkan kesejahteraan hidupnya selain mendapat pelatihan Gratis mereka langsung akan mempunyai penghasilan, namun kenyataannya kesempatan yang telah ada terkadang disia-siakan begitu saja.
Beberapa kasus sering terjadi pada para pekerja di Cicurug, karena “tidak mau kalah gengsi” mereka termakan ego-nya sehingga tanpa pertimbangan matang mereka mengambil cicilan atau kreditan barang-barang elektronik atau kendaraan bermotor yang dilua kemampuannya, sehingga “besar pasak dari pada tiang”.
Hal tersebut berpengaruh terhadap kinerja mereka diperusahaan, kurang disiplin karena memikirkan beban hutang yang harus ditanggung, karena dirasa dapat merugikan perusahaan maka terjadilah PHK. Kejadian inilah yang digambarkan Pak Camat yang murah senyum itu, beliau tidak mau peserta KPP ini terjebak dalam lingkaran setan tersebut. Bahkan Beliau lebih menyarankan hidup sederhana namun cukup segalanya, serta tidak lupa tetap berusaha dan selalu berdo’a.
Dalam kesempatan ini hadir juga Kepala SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Kabupaten Sukabumi Dra Aning Karwati, M.Pd. beliau juga memberikan masukan agar para peserta tetap harus selalu belajar, terus mengembangkan bakat dan keterampilannya. “Jangan berhenti sampai disini, mumpung masih Muda” begitu kata Kepala SKB yang merupakan ibu dari lembaga PNF. Beliau juga terus memberikan semangat kepada para peserta agar tidak putus sekolah walaupun sudah bekerja (yang mengikuti program ini kebanyakan adalah lulusan SLTP bahkan masih ada yang tidak lulus SD) menurut beliau juga dengan pendidikan akan meningkatkan derajat diri dan bangsa secara umum, selain itu agar kita menjadi bangsa yang tidak tertinggal.
KPP ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (PPPNFI) Regional II Jayagiri, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Informal yang didanai melalui mekanisme blockgrant bekerjasama dengan lembaga keterampilan yang terpilih.
Menurut ketua penyelenggara LPK HAS Ny.Tuminah, KPP yang diselenggarakan ini dibatasi dengan kriteria usia 15-30 tahun yang belum bekerja dengan sasaran warga belajar Paket B (setara SLTP) dan Paket C (setara SMU). Program ini ditujukan untuk 50 peserta namun kenyataannya karena animo yang sangat besar akhirnya dengan kebijakan penyelengara peserta yang diikutsertakan berjumlah 65 orang , akan tetapi Penyelengara tidak khawatir karena sudah mempunyai Job Order dengan beberapa perusahaan Garmen di wilayah Cicurug untuk mempekerjakan lulusannya di perusahaan tersebut, para peserta beruntung akan langsung disalurkan pada perusahaan garmen yang sudah berkerjasama dengan LPK HAS karena itu Penyelengara mengharapkan setiap peserta KPP yang nantinya telah bekerja jangan membuat masalah dan tetap harus menjaga nama baik Lembaga.
Selamat kepada peserta KPP Program Keterampilan Menjahit Garmen di LPK HAS Cicurug yang terpilih, gunakan kesempatan dengan baik, terus kembangkan diri jangan mau tertinggal….. dan “Jangan Lupa Kacang pada Kulitnya”
Penulis :( C’Thea / pimpinan LPK Nesscera ) e-mail: chiethea@yahoo.com

0 komentar: