Selamat Datang di Situs Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Sukabumi Jawa barat. IPI sebagai wadah perjuangan dalam meningkatkan kemampuan profesi dan kesejahteraan penilik.

30 November 2008

YWPU Ad-da’wah gelar Diklat bagi Tutor Kesetaraan

Untuk ketiga kali YWPU Ad-da’wah Cicurug Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Tutor kesetaraan. Diklat ini terselenggara atas kerjasama Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (PTKPNF) Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Departemen Pendidikan Nasional dengan YWPU Ad-da’wah Cicurug Kabupaten Sukabumi. yang dilaksanakan mulai hari Kamis 27 Nopember 2008 sampai dengan Sabtu 29 Nopember 2008 bertempat di Wisma Depdiknas Arga Mulya Puncak Bogor.
Pendidikan dan pelatihan adalah proses pembelajaran untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk sikap peserta Diklat agar dapat bekerja secara lebih efektif dan efesien yang mempunyai tujuan Meningkatkan kompetensi dan wawasan PTK-PNF dalam rangka menciptakan PTK-PNF yang profesional dan bermartabat.
Materi yang diberikan
1. Kebijakan Direktorat PTK-PNF dan Direktorat Kesetaraan
2. Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
3. Stadar Isi
4. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
5. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)
6. Difersifikasi Layanan Kesetaraan
7. Analisis Ujian Nasional.
dan materi diklat tersebut disampaikan oleh beberapa Nara Sumber dari PTKPNF, Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal (PP-PNFI) Regional 2 Jayagiri Bandung, Kepala Bidang PNF dan Ketua IPI.
Pada acara pembukaan di hadiri beberapa pejabat terkait Kepala Subdit Pendidik PNF Drs.Nasrudin mewakili Direktur PTKPNF dan beliau menyampaikan sambutan sekaligus membuka dan meresmikan Dikllat, juga dihadiri Kepala Bidang PNF Kabupaten Sukabumi Drs.H.Ardiana Trisnawiana, MM. Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Sukabumi Wowon,S.Pd.,M.Pd. dan tamu undangan. Acara pembukaan dipimpin oleh 2 orang pengatur acara Wildan,S.Pd. (Anggota Panitia) dan Chintia Mardiana,A.Md. (Pimpinan LPK Nesscera)
Ketua penyelenggara Usup Supriatna (Ketua PKBM Ad-da’wah) dalam laporannya menyampaikan, untuk tahun ini diklat diikuti 25 orang diambil dari 8 kecamatan diwilayah Korwil 3 Cicurug (Kecamatan Cicurug, Parungkuda, Cidahu, Parakansalak, Bojonggenteng, Kalapanungal, Kabandungan dan Ciambar) ditambah peserta dari Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Surade. Kedepan peserta diklat diharapkan ditambah kuotanya lanjut Usup Supriatna sambil melihat dan mengajukan kepada Nasrudin (Kasubdit Pendidikan PNF), mengingat masih banyak tutor yang belum mendapat kesempatan pembinaan melalui Diklat yang tersebar di 47 Kecamatan wilayah Kabupaten Sukabumi. dan menurutnya kami siap melanjutkan perjuangan Direktur PTKPNF dalam meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui Pendidikan dan pelatihan di tahun 2009.






0 komentar: