Selamat Datang di Situs Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Sukabumi Jawa barat. IPI sebagai wadah perjuangan dalam meningkatkan kemampuan profesi dan kesejahteraan penilik.

27 Maret 2008

GEBYAR UJIAN AKHIR GN-PBA KEAKSARAAN DASAR DI KORWIL 3 CICURUG

6 lembaga PKBM di Korwil 3 Cicurug gebyar menyelenggarakan Ujian Akhir Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Aksara (GN PBA) untuk pendidikan keaksaraan dasar. Menurut rencana pelaksanaan Ujian akhir ini dimulai tanggal 27 Maret 2008 sampai awal bulan April 2008, yang akan menyelenggarakan ujian keaksaraan dasar ini yaitu PKBM Ad-da'wah dengan peserta WB 109 orang terdiri dari 11 kelompok yang berlokasi diberbagai tempat diwilayah Kecamatan Cicurug, sama halnya dengan PKBM lain, seperti PKBM Al-Mansuriyah dengan peserta WB 110 orang (11 kelompok), PKBM Riyadul Mubtadiin dengan peserta WB 110 orang (11 kelompok), PNF KUWP dengan peserta WB 110 orang (11 kelompok), PKBM Harapan dengan peserta WB 110 orang (11 kelompok) dan PKBM Al-Falah dengan peserta WB 110 orang (11 kelompok), jadi semuanya peserta yang akan mengikuti ujian akhir keaksaraan dasar di korwil 3 Cicurug semuanya 659 orang. PKBM Ad-da'wah mengawali pelaksanaan Ujian akhir keaksaraan dasar ini yaitu peserta WB kelompok Melati 4 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Maret 2008 bertempat di Kp. Sasak dua RT 3 RW 3 Desa Caringin Kec.Cicurug, pelaksanaan ujian akhir ini di hadiri oleh Penilik Dikmas Kec.Cicurug (Supriatna,SE), Ketua Penyelenggara PKBM Ad-da'wah (Usup Supriatna), Koordinator kelompok (Yus Ahmad Winarya,S.Pd), pelaksana (Endang Mulyana,S.Pd. dan Yayat selaku Tutor). Di akhir pelaksanaan ujian, Penilik Dikmas Kecamatan Cicurug (Supriatna) menyampaikan beberapa hal, ucapan terima kasih kepada penyelenggara, koordinator, Tutor dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam menyukseskan/menuntaskan proses pembelajaran Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Aksara (GN PBA) yang di akhiri dengan pelaksanaan Ujian akhir tahap keaksaraan dasar, pelaksanaan ujian ini mempunyai tujuan sejauh mana untuk mengukur kompetensi keaksaraan tingkat "keaksaraan dasar" dari warga belajar (WB) pendidikan keaksaraan atau sejauhmana WB ini mampu Membaca, Menulis dan berhitung (Calistung), dan apabila WB sudah dapat Calistung mereka berhak memperoleh Surat Keterangan Melek Aksara 1 (SUKMA-1) untuk program selanjutnya dapat mengikuti Pendidikan keaksaraan lanjutan (SUKMA-2) dan Mandiri (SUKMA-3).
Ketua penyelenggara dari PKBM Ad-da'wah (Usup Supriatna) mengatakan dari beberapa kelompok pembelajaran keaksaraan yang dikelolanya, selain pembelajaran Calistung juga diberikan pendidikan keterampilan seperti mengelola bagaimana membuat Telor asin, dodol daun sampeu, dan keripik singkong dengan harapan mereka dapat mempunyai keterampilan sebagai dasar untuk mendukung kecakapan hidup, sehingga mereka dapat mengembangkan diri sebagai orang yang dapat berwirausaha mandiri yang akhirnya dari penghasilan itu dapat menunjang untuk kesejahteraan kehidupan mereka.
Pada kesempatan itu pula pelaksanaan ujian akhir keaksaraan yang dilaksanakan kelompok Melati 4 dihadiri oleh Tim wajar dikdas Desa Caringin.
Selamat dan sukses.................. !







0 komentar: